Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

Menulis surat lamaran yang baik dapat memberikan perbedaan besar pada lamaran pekerjaan Anda. Dengan banyaknya kandidat yang bisa dipilih, kesan pertama sangatlah penting, jadi sangat penting untuk membuat surat lamaran dengan benar.

Lakukan formalitas dengan benar
Pastikan Anda menulis hal-hal formal dengan benar. Lebih baik dianggap terlalu formal daripada tidak cukup formal, jadi mulailah dengan "Kepada Yth. Bapak/Ibu...".

Awali dengan pernyataan yang kuat
Surat lamaran Anda harus dimulai dengan pernyataan yang kuat yang menguraikan mengapa Anda ingin melamar pekerjaan tersebut dan mengapa di perusahaan tersebut. Misalnya, jika perusahaan telah memenangkan sejumlah penghargaan di bidang tertentu, Anda bisa menyebutkannya. Atau, jika Anda memiliki keahlian dan pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut, maka sebutkanlah. Penting untuk mengawali surat lamaran dengan sesuatu yang akan menarik perhatian pembaca. Pemberi kerja mungkin tidak akan punya waktu untuk membaca setiap kata, jadi penting bagi Anda untuk memulainya dengan baik.

Tunjukkan bahwa Anda mengenal perusahaan tersebut
Tunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset dan Anda benar-benar merasa cocok untuk posisi tersebut.
Bagaimana visi perusahaan sejalan dengan visi Anda? Bacalah deskripsi pekerjaan dan cobalah untuk memasukkan beberapa kata kunci.

Pilih beberapa hal yang menarik di CV Anda
Jangan berasumsi bahwa CV Anda akan dibaca secara otomatis. Tarik beberapa pencapaian utama dan hubungkan dengan persyaratan spesifik dalam deskripsi pekerjaan serta aspek karier, jangan lupa untuk memasukkan kegiatan sukarela atau minat pribadi yang relevan. Ini adalah kesempatan Anda untuk menunjukkan dan mengangkat diri Anda di atas pelamar lainnya.

Tunjukkan semangat yang tinggi
Akhiri dengan sesuatu yang positif dan optimis. Beritahukan mereka kapan Anda akan datang untuk wawancara (dan untuk bekerja), dan bahwa Anda menantikan kabar dari mereka.

Sebelum Anda menekan 'kirim'
Pastikan Anda telah memeriksa dengan cermat kesalahan ejaan dan kesalahan tata bahasa. Ini adalah kesalahan umum yang ditemukan oleh departemen HRD sekolah, namun mudah untuk diperbaiki. Cobalah untuk meminta pendapat dari seseorang yang sudah bekerja di posisi yang kamu lamar, jadi jangan takut untuk meminta teman atau kolega untuk membaca suratmu.

Dengan menulis surat lamaran yang menarik, Anda bisa meningkatkan kesempatan Anda untuk memberikan kesan positif kepada manajer perekrutan dan mendapatkan panggilan wawancara.

Contoh Cover Letter yang baik:

Yth. Manager HRD (Nama Perusahaan)

Perkenalkan saya (Nama Lengkap), lulusan Universitas A angkatan (Tahun masuk kuliah). Melalui Job Portal SeeMeCV, saya menemukan lowongan untuk (Posisi yang kamu lamar) dan tertarik untuk bisa bergabung secepatnya.

Setelah membaca deskripsi dan kualifikasi pekerjaan (Posisi yang kamu lamar), saya merasa kemampuan dan pengalaman saya sesuai dengan yang diinginkan. Saya pernah magang sebagai (Posisi sebelumnya) selama (Periode). Tanggung jawab utama pada saat magang di perusahaan (Perusahaan magang sebelumnya) adalah (Deskripsi pekerjaan). Dengan begitu, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan ke depannya.

Dengan pengalaman (Periode) dan minat saya yang cukup tinggi di (Nama Perusahaan) sebagai (Posisi yang kamu lamar), saya yakin saya dapat dipertimbangkan untuk mengisi posisi tersebut. CV dan portofolio terlampir sesuai persyaratan. Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya. Kabar baik selanjutnya sangat dinantikan.

Hormat saya,

(Tanda Tangan)

(Nama Lengkap)


    • Related Articles

    • Lamaran Pekerjaan

      Periksa status lamaran kerja Anda secara teratur untuk mendapatkan informasi dan siap merespons atau mempersiapkan diri untuk wawancara. Panduan ini akan membantu Anda mengelola dan memantau lamaran kerja Anda secara efisien. Arahkan ke Lamaran ...
    • Mencantumkan Pengalaman Kerja

      Sertakan berbagai pengalaman kerja, baik itu pekerjaan penuh waktu, paruh waktu, magang, pekerja lepas, atau kegiatan volunteering. Jangan ragu untuk menambahkan sebanyak dan serelevan mungkin! Masuk ke akun pencari kerja Anda di portal karier dan ...
    • Keuntungan dan pentingnya melengkapi profil pencari kerja Anda

      Melengkapi profil pencari kerja Anda dengan informasi yang akurat dan terperinci memberikan beberapa keuntungan dan manfaat penting: Meningkatkan Visibilitas: Profil yang lengkap membuat Anda lebih terlihat oleh pemberi kerja dan perekrut yang ...
    • Membuat Akun Pencari Kerja

      Mulailah membangun karier Anda hari ini dengan mendaftar di portal karier sekolah untuk terhubung dengan para mentor, menemukan peluang, dan bertemu dengan calon pemberi kerja! Klik "Daftar sebagai Pencari Kerja" untuk melanjutkan ke halaman ...
    • Bagaimana Cara Menambahkan Pengalaman Kerja?

      Masuk ke akun pencari kerja Anda di portal karier dan buka bagian profil atau dasbor Anda. Lanjutkan untuk mengedit profil Anda dan mulai memperbarui informasi pengalaman kerja Anda. Klik pada tahap "Pengalaman Kerja" dan isi kolom yang diperlukan ...